Hewan Unik, Dapat Hidup Abadi Tanpa Batas

Ditulis oleh:
- -

Semua orang pasti tau jika hidup ini pasti ada awal dan akhir, dengan kata lain ada hidup dan mati. Namun bagi hewan yang satu ini hal tersebut tampaknya tidak berlaku, karena ia bisa hidup selamanya.


Turritopsis Nutricula


Turritopsis Nutricula, atau dikenal sebagai immortal jellyfish. Sesuai dengan namanya, ubur-ubur ini punya keunikan tersendiri. Saat menjadi dewasa, ubur-ubur ini bisa kembali ke tahap polip lalu tumbuh lagi dari awal. 
  
Hal ini dimungkinkan karena ubur-ubur abadi mampu mengembangkan sel transdifferentiation, yakni sel yang berubah menjadi sel baru. Dalam proses ini, sulur-sulur dari ubur-ubur abadi berubah menjadi polip baru. Secara teoritis, proses ini bisa berlanjut terus tanpa batas.

Ubur-ubur abadi berbentuk seperti lonceng, dengan diameter maksimum sekitar 4,5 milimeter. Pada bagian perut ada bagian warna merah terang. Pada spesimen yang masih muda, hanya memiliki delapan tentakel saja, sementara saat dewasa bisa berkembang hingga 80-90 tentakel.

Para ilmuwan yakin bahwa immortal jellyfish berasal dari Karibia, tetapi telah menyebar di seluruh dunia. Umumnya di lautan daerah tropis. Walau disebut sebagai ubur-ubur abadi, namun pada kenyataannya di alam liar mereka harus mati karena dimangsa oleh predator serta penyakit.




Demikian artikel tentang Hewan Unik, Dapat Hidup Abadi Tanpa Batas Rating: 5 Reviewer: untukmu! - ItemReviewed: Hewan Unik, Dapat Hidup Abadi Tanpa Batas. Jangan lupa untuk berkunjung kembali.Hello My name is Agus Wandi, but people call me Wandi. Here is my homepage: onedeeaja.blogspot.com. I live in Indonesian, NM and work as an CEO at Basa-Basi.Agus Wandi—Artikel Review Rating: 5 out of 5 based on 7999999 reviews.
Back to Top