Jembatan Paling Tertinggi di Dunia

Ditulis oleh:
- -

jembatan tertinggi di dunia ini, dihitung dari rentang tinggi dek (tempat tidur jalan jembatan) hingga ke tanah atau permukaan air di bawah jembatan. Peruntukan jembatan ini bermacam-macam. Ada yang dipergunakan sebagai jalan raya, jalur kereta api atau sekedar jalur pipa minyak. Saat ini jembatan tertinggi, dipegang oleh jembatan Sungai Si Du (Tinggi 472 m). Berikut 5 jembatan tertinggi yang pernah dibuat oleh manusia.

1. Jembatan Sungai Si Du (Tinggi 472 m)
Merupakan jembatan gantung setinggi 472 meter yang terbentang sepanjang 1.222 meter melintasi lembah Sungai Si Du dekat Yesanguan di Badong County, Provinsi Hubei, Republik Rakyat Cina. 




Jembatan ini dirancang oleh Perusahaan Konsultan CCSHCC (Second Highway Consultants Company, Ltd.), dan dibangun dengan biaya 720 juta yuan (sekitar US $ 100 juta). Jembatan ini dibuka untuk lalu lintas umum pada tanggal 15 November 2009.

2. Jembatan Hegigio Gorge (Tinggi 393 m)
Merupakan jembatan yang diperuntukan sebagai jalur pipa. Jembatan ini memiliki ketinggian 393 meter, dan merupakan jembatan pipa tertinggi di dunia. 




Hegigio Gorge adalah jembatan gantung dengan panjang 470 meter dan digunakan untuk mengangkut minyak bumi dari lapangan minyak Mananda Tenggara ke Propinsi Southern Higlands, Papua Nugini.

3. Jembatan Balinghe (Tinggi 375 m)
Merupakan sebuah jembatan gantung di Guanling County di Provinsi Guizhou Cina. Jembatan yang terbentang diatas Sungai Lembah Baling dan dibuka untuk lalu lintas umum ini (23 Desember 2009), menghubungkan antara Kunming dan Guiyang. 




Keberadaan jembatan ini mampu menghemat waktu tempuh yang semula melintasi lembah sungai dari satu jam hanya menjadi empat menit saja. Jembatan ini memiliki panjang 1.088 m, dan memiliki tinggi bersih 375 m di atas sungai

4. Jembatan Beipanjiang (Tinggi 366 m)
Jembatan gantung setinggi 366 meter yang terletak di Xingbei Town (Xinbeizhen), Provinsi Guizhou, Cina. 




Jembatan ini memiliki rentang mencapai 388 meter dan dipergunakan seutuhnya untuk jalan raya.

5. Jembatan Beipanjiang (Tinggi 330 m)
Merupakan sebuah jembatan yang diperuntukan penggunaanya sebagai jalan tol di daerah Xingbeizhen, Guizhou, Cina.




Jembatan gantung ini, memiliki tinggi 330 meter dan panjang 636 meter. Jembatan ini selesai di bangun pada tahun 2009.

Catatan:
Daftar jembatan tertinggi didunia ini akan berubah, ketika Jembatan Baluarte (El Puente Baluarte) selesai dibangun pada 2012 nanti. Jembatan kabel yang terletak di negara bagian Sinaloa dan Durango, sepanjang jalan raya Mazatlan. Meksiko. Jembatan Ini akan memiliki panjang 1.124 m, dan ketinggian di atas lembah hingga 390 m, dan menjadi salah satu jembatan tertinggi di dunia. Awal konstruksi 21 Februari 2008 dan jembatan ini diharapkan akan selesai pada tahun 2012.



Demikian artikel tentang Jembatan Paling Tertinggi di Dunia Rating: 5 Reviewer: Ayue! - ItemReviewed: Jembatan Paling Tertinggi di Dunia. Jangan lupa untuk berkunjung kembali.Hello My name is Agus Wandi, but people call me Wandi. Here is my homepage: onedeeaja.blogspot.com. I live in Indonesian, NM and work as an CEO at Basa-Basi.Agus Wandi—Artikel Review Rating: 5 out of 5 based on 7999999 reviews.
Back to Top