5 Sungai Paling Unik dengan Warnanya yang Sangat Mengagumkan

Ditulis oleh:
- -

Terbukti air merupakan elemen penting dalam kehidupan di muka bumi, sementara sungai adalah gelas alami yang mengantarkan air kepada mahluk-mahluk hidup yang ada di daratan bumi. Di muka bumi ini tentunya terdapat ribuan sungai yang ada, dan masing-masing memiliki keindahan dan ciri tersendiri, misalnya saja dari warna permukaan, kandungan air, bahkan biota yang hidup di dalamnya. Nah, berikut 5 sungai paling unik dengan warnanya yang sangat mengagumkan.

1. Sungai Drina (Hijau)
Sementara sungai yang memiliki panjang 346 Kilometer ini merupakan sebuah perbatasan antara Bosnia-Herzegovina dengan Serbia. 


Sungai Drina yang berwarna hijau ini merupakan anak dari Sungai Sava yang berada pada karst terpanjang di Dinaric Alps bagian dari Sungai Danube.

2. Sungai Merah
Sungai ini terdapat di Amerika Utara, merupakan pertemuan dua sungai, yakni Bois de Sioux di Kanada dan Sungai Otter Tail di Amerika Serikat. Bentangan Sungai Merah pun melintasi Danau Agassiz yang merupakan danau glasial yang berakhir di Winsconsin, Amerika Serikat. 


Sebenarnya warna merah yang terdapat di Sungai Merah ini didapatkan dari sedimentasi dan lumpur yang terbawa oleh aliran sungai dan mengendap, sehingga dari atas permukaan terlihat merah.

3. Sungai Hwang-Ho (Kuning)
Sungai Hwang-Ho merupakan sungai terpanjang kedua di China setelah Yang Tse sekaligus keenam terpanjang di dunia. 


Sungai Hwang-Ho memiliki panjang 5.464 Km, hulunya berada di Pegunungan Bayan Har, Provinsi Qinghai, sebelah barat China. Warna kuningnya berasal dari pasir Gurun Gobi yang tertiup angin hingga ke lembah Sungai Hwang-Ho.

4. Sungai Rio Negro (Hitam)
Sungai ini merupakan sungai berwarna hitan terbesar yang merupakan bagian dari Sungai Amazon. Sesuai dengan namanya Rio Negro yang berarti “Sungai Hitam,” meskipun tidak sehitam yang dibayangkan bahkan terlihat seperti teh kental. Warna hitam tersebut berasal dari asam organik yang tidak terurai dengan sempurna oleh vegetasi yang ada di sekitar sungai. 


Di Kolombia, Sungai Rio Negro pun dikenal dengan nama Sungai Guainía, sungainya mengalir melalui Rio Solimões menuju Sungai Amazon wilayah Manaus, Brasil.

5. Sungai Caño Cristales (Pelangi)
Sungai ini merupakan sungai warna-warni yang terletak di Serania de la Macarena, Provinsi Meta, Kolombia. 


Sungai Caño Cristales juga dikenal sebagai Sungai Pelangi, karena keindahan warna dan warni alga yang tumbuh di bawah permukaan air.



Demikian artikel tentang 5 Sungai Paling Unik dengan Warnanya yang Sangat Mengagumkan Rating: 5 Reviewer: Anonymous - ItemReviewed: 5 Sungai Paling Unik dengan Warnanya yang Sangat Mengagumkan. Jangan lupa untuk berkunjung kembali.Hello My name is Agus Wandi, but people call me Wandi. Here is my homepage: onedeeaja.blogspot.com. I live in Indonesian, NM and work as an CEO at Basa-Basi.Agus Wandi—Artikel Review Rating: 5 out of 5 based on 7999999 reviews.
Back to Top