6 Goa Terindah yang Menggetarkan Sejagat Raya

Ditulis oleh:
- -

Seperti yang kita ketahui bumi adalah salah satu planet yang indah, lukisan alam raya yang menggetarkan setiap manusia. Kehidupan manusia diwarnai dengan fenomena alam dan perubahan nya yang nyata. Salah satu fenomena alam adalah terbentuknya sebuah goa, lubang besar yang menganga di permukaan bumi. Di dalam kegelapan dan udara yang lembab sebuah goa terlihat keindahan jarang sekali manusia di bumi ini mengetahuinya, padahal fenomena itu sangat menggetarkan jiwa. Berikut 6 Goa Indah yang menggetarkan Sejagat.

1. Goa Actun Tunichil Muknal, Belize
Goa ini sangat terletak di Belize, yang merupakan sebuah situs arkeologi milik Suku Maya. Bahkan nama Actun Tunichil dan Belize mencuat ketika ditemukan fosil seorang gadis yang dikorbankan, dunia mengenal fosil itu dengan ‘The Crystal Maiden’. Fosil tersebut disebut demikian karena tulang-belulangnya yang dilapisi oleh kapur menyerupai kristal, memantulkan cahaya. Beberapa fosil lainnya disinyalir masih banyak terdapat di Goa Actun Tunichil Muknal ini.

Goa Actun Tunichil Muknal, Belize

Meskipun goa Actun Tunichin Muknal terbentuk secara alami, namun masyarakat Suku Maya memodifikasi goa menjadi sebuah tempat untuk ritual keagamaan. Mereka bahkan membuat sebuah tempat yang menyerupai altar dan membentuk bebatuan di dalamnya menyerupai binatang, sehingga terlihat bayangan yang indah di dinding goa ketika sinar menerpa batu tersebut.

2. Waitomo Glowworm Cave, Selandia Baru
Ketika kita mendengar kata ‘goa,’ yang terbayang adalah tempat yang gelap, lembab dan di dalamnya hidup binatang liar yang menakutkan. Namun sebenarnya bayangan itu akan hilang sendirinya ketika kita berada di Goa Waitomo Glowworm yang terletak di sebelah utara Selandia Baru. Goa besar dan indah Glowworm memiliki tiga bagian goa di dalamnya, ketiganya di hubungkan oleh Tomo –sebuah terowongan vertikal yang terbuat dari batu gamping setinggi 16 meter. Goa indah yang pertama dikenal dengan sebutan ‘Goa Katedral,’ nama tersebut diberikan karena ruang goa yang akustik –menggema seperti layaknya ruang katedral. 


Untuk menikmati pemandangan yang indah dan menggetarkan lainnya adalah di Glowworm Grotto, karena letaknya tepat berada di sungai bawah tanah Waitomo maka Anda harus berada di atas perahu untuk menikmati keindahan goa Tomo. Keunikan goa yang ada di  Selandia Baru ini adalah glowworm, serangga yang dapat mengeluarkan cahaya dari tubuhnya. Sehingga ketika berada di Goa Waitomo kita seakan berada di dunia yang tak pernah siang, karena akan selalu ada malam yang dipenuhi bintang-bintang.


3. Goa Chauvet, Perancis

Kawasan Ardeche merupakan situs arkeologi dan sejarah terbesar dan penting di Perancis. Salah satu yang menjadi daya tarik situs tersebut adalah Goa Chauvet, lobang besar yang memiliki bentuk tidak beraturan dengan karya seni yang indah dan menggetarkan di dalamnya. 


Diperkirakan berdasarkan perhitungan karbon, manusia mulai menempati goa ini sejak antara 30.000 hingga 25.000 yang lalu. Salah satu bukti pernah ditinggali manusia adalah adanya jejak anak kecil, bekas tungku pembakaran dan arang, serta bekas-bekas asap yang terdapat di dinding cerobong. Goa Chauvet ditemukan pada 1994, dikabarkan pula bahwa jejak kaki yang terdapat di dalamnya adalah jejak manusia tertua yang dihitung secara akurat. Di bagian lantai goa pun banyak terdapat jejak kaki beruang, dan terdapat lukisan berbagai jenis binatang di dinding goa.

4. Goa Ali Sadr, Iran
Goa yang satu ini terletak di Timur Tengah, tepatnya 100 km di sebelah utara Iran. Dengan ruangan setinggi 40 meter dan sungai yang mengalir di bawahnya, merupakan pengalaman yang mengasyikan dan menggetarkan ketika berada di dalam Goa Ali Sadr. Para pengunjung akan menikmati pelayaran sepanjang 11 Km dengan sajian pemandangan yang indah dan menggetarkan jiwa. 


Sebuah karya seni yang tercipta dan telah berada di dalam goa selama12.000 tahun lebih, membuktikan adanya sebuah kehidupan primitif yang berlangsung di dalam Goa Ali Sadr. Goa Ali Sadr sudah diketahui oleh masyarakat Iran ketika Darius I berkuasa (521 – 485 SM), bahkan tercatat dalam sebuah prasasti tua yang terdapat di muka goa. Namun di era modern, goa indah ini baru ditemukan kembali pada 1978 secara tak sengaja. Ketika itu seorang penggembala mencari ternaknya yang hilang.

5. Goa Pindaya Caves, Myanmar, Burma

Jika Anda memasuki Goa Pindaya yang terletak di Myanmar ini, makan akan merasakan pengalaman spiritual yang mendalam. Di dalam Goa Pindaya terdapat 8.000 lukisan mengenai Budha, beberapa di antaranya dibuat pada 1773 selebihnya dibuat pada abad ke-18 dan ke -19. 


Tidak saja melukiskan Budha, namun juga menggambarkan ikon Era Konbaung hingga modern di Myanmar.

6. Mammoth Cave Staircase Chamber, Amerika Serikat
Ketika Goa Waitomo dikenal dengan keindahan pertunjukkan cahaya, Goa Mammoth yang terletak di Taman Nasional Kentucky, Amerika Serikat, dikenal dengan ukuran ruangannya yang besar. Goa indah yang menggetarkan ini masuk ke dalam  goa alami dan jalur terowongan terbesar di dunia, dengan formasi bebatuan indah yang memanjakan mata. 


Goa Mammoth memiliki lintasan terowongan yang panjangnya mencapai 560 Km, dan disepanjang itu pula kita akan disuguhkan berbagai fenomena kehidupan flora dan fauna, termasuk di antaranya mahluk-mahluk langka. Dikabarkan terdapat 130 spesies yang hidup bebas dan alami di dalam Goa Mammoth. Topografi yang terlihat di dalam goa begitu indah dan menggetarkan.




Demikian artikel tentang 6 Goa Terindah yang Menggetarkan Sejagat Raya Rating: 5 Reviewer: oe! - ItemReviewed: 6 Goa Terindah yang Menggetarkan Sejagat Raya. Jangan lupa untuk berkunjung kembali.Hello My name is Agus Wandi, but people call me Wandi. Here is my homepage: onedeeaja.blogspot.com. I live in Indonesian, NM and work as an CEO at Basa-Basi.Agus Wandi—Artikel Review Rating: 5 out of 5 based on 7999999 reviews.
Back to Top