3 Sosok Penampakan Hantu di Luar Angkasa Hasil Jepretan Spitzer

Ditulis oleh:
- -
3 Sosok Penampakan Hantu di Luar Angkasa Hasil Jepretan Spitzer
Washington DC - Merayakan Halloween tahun ini, Badan Penerbangan dan Antariksa Amerika Serikat (NASA) merilis tiga foto 'hantu' yang ditangkap melalui teleskop luar angkasa Spitzer.

Ketiga 'hantu' ini sebagai planet nebula yang merupakan materi terlempar dari bintang sekarat. Sebagai isyarat kematian, bintang-bintang ini terkikis dan tertiup ke luar angkasa.

"Kita melihat foto ini sebagai kepekaan terhadap sejarah hilangnya massa bintang dan belajar bagaimana mereka berevolusi selama ini," ujar Joseph Hora, kepala penelitian program observasi Spitzer seperti dilansir oleh situs resmi NASA yaitu nasa.govBerikut penjelasan mengenai ketiga 'hantu' luar angkasa tersebut.

1. Ghost of Jupiter Nebula
Ghost of Jupiter Nebula
Ghost of Jupiter Nebula atau Nebula Hantu Jupiter ini juga dikenal sebagai NGC 3242. Planet nebula ini terletak 1.400 tahun cahaya di konstelasi Hydra.

Pencitraan infra merah dari Spitzer menunjukkan bagian luar lebih dingin dari bintang sekarat ini dengan warna merah.

Sebagai bukti ia tengah menuju kematian adalah adanya bentuk cincin konsentris di sekitar objek, yang merupakan dampak dari material yang terlempar secara periodik.

2. Little Dumbbell Nebula
Little Dumbbell Nebula
Dikenal juga sebagai NGC 650, planet nebula ini memiliki jarak sekitar 2.500 tahun cahaya dari Bumi di konstelasi Perseus.

Nebula ini memiliki bentuk kupu-kupu karena adanya piringan dari material tipis yang berasal dari bagian kiri bawah ke kanan atas.

Adanya angin kencang meniupkan material dari bintang, juga dari bagian atas dan bawah piringan yang berdebu tersebut. Awan yang nampak hijau-merah di sekitarnya berasal dari molekul hidrogen berpendar. Area berwarna hijau lebih panas daripada yang bagian yang berwarna merah.

3. Exposed Cranium Nebula
 Exposed Cranium Nebula
Planet nebula yang satu ini terletak sekitar 5.000 tahun cahaya di konstelasi Vela. Ia merupakan induk dari bintang sekarat yang secara perlahan kehilangan massanya.

Bagian dalam dari nebula ini, yang terlihat seperti bubur dan berwarna merah, terbuat dari gas ber-ion. Sementara cangkang hijau bagian luar lebih dingin, terdiri atas molekul hidrogen yang berpendar.

Simak Juga :
Wow Keren, Ada 250 Jenis Buah Apel Yang Tumbuh di Satu Pohon
Subhanallah, Sungai Eufrat Mengering Apakah Ini Tanda-Tanda Akhir Zaman?
7 Aksi Manusia Bunuh Diri Yang Paling Populer Sejagat Raya


Demikian artikel tentang 3 Sosok Penampakan Hantu di Luar Angkasa Hasil Jepretan Spitzer Rating: 5 Reviewer: Echy Aja - ItemReviewed: 3 Sosok Penampakan Hantu di Luar Angkasa Hasil Jepretan Spitzer. Jangan lupa untuk berkunjung kembali.Hello My name is Agus Wandi, but people call me Wandi. Here is my homepage: onedeeaja.blogspot.com. I live in Indonesian, NM and work as an CEO at Basa-Basi.Agus Wandi—Artikel Review Rating: 5 out of 5 based on 7999999 reviews.

0 comments"3 Sosok Penampakan Hantu di Luar Angkasa Hasil Jepretan Spitzer", Baca atau Masukkan Komentar

Post a Comment

Back to Top